Advertisement

Asal Usul Dewa hua TouDewa hua tuo atau dewa tabib adalah seorang ahli pengobatan yang bijaksana dan sebagai penemu latihan 5 jenis hewan atau wu jin zhi shi yang kesohor dan sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia.

Beliau boleh di katakan sebagai wakil yang menonjol dan pakar dalam kehebatan ilmu pengobatan secara operasi atau bedah di tiongkok pada zaman nya.

Menurut catatan sejarah,beliau pernah melakukan operasi yang berhasil pada lengan jendral guan yun zhang atau guan kong yang terluka akibat kena panah beracun dari musuhnya.

Advertisement

Hua tuo adalah bapak pembedahan dan akupuntur dunia. Nama hua tuo sudah tidak asing lagi dalam dunia pengobatan china kuno. Hua tuo atau biasa di sebut juga yun hua yang berasal dari pei guo jiao dan sekarang haoxian di provinsi anhui di china.

Hua tuo adalah seorang dokter medis yang terkemuka di china kuno dan terkenal dengan julukan tabib mujarab.

Hua tuo tidak mengejar ketenaran maupun uang. Malahan ia mencurahkan dirinya untuk mempelajari pengobatan. Ia sangat terampil dalam berbagai macam bidang pengobatan.
Suatu fakta yang merefleksikan kemajuan ilmu pengobatan di abad ke dua di china.

Hua tuo sudah terlihat sangat pandai sejak masa belianya. Ayah nya meninggal saat dia masih berumur 7 tahun. Karena keluarga nya sangat miskin dan ibunya memutuskan untuk mengirim huo tuo untuk belajar pengobatan dari dokter cai adalah seorang teman dekat dari ayahnya.

Hua tuo pergi ke kota dan bertemu dengan dokter cai setelah ia mengutarakan keinginan nya menjadi seorang dokter pengobatan dari dokter cai dan berpikir pada diri nya sendiri.
Ayah huo tuo adalah teman saya.

Jika saya tidak mengambil nya sebagai murid dan orang orang di kota akan berpikir bahwa saya orang yang memutuskan hubungan dengan keluarga nya setelah seorang teman meninggal dan memperlakukan teman tanpa kesetian.

Saya sebaiknya mengambil nya sebagai murid dan bagaimanapun saya harus mengetes anak itu untuk menentukan apakah ia memang di takdirkan untuk pengobatan.

Dokter cai melihat beberapa muridnya sedang mengumpulkan daun mulberi di halaman belakang tetapi mereka mendapat kesulitan untuk mencapai daun di dahan tertinggi ketika memanjat pohon.

Ia memutuskan ini akan menjadi tes pertama untuk hua tuo dan ia bertanya kepada hua tuo dan bisakah kamu memikirkan cara untuk mengumpulkan daun dari dahan tertinggi pohon itu?hua tuo berkata dengan percaya diri,oh itu mudah.

Hua tuo meminta sepotong tali dan mengikatkan batu kecil di ujung tali tersebut dan ia melemparkan tali itu di sekeliling dahan tertinggi dan berhasil mengumpulkan semua daun di dahan itu yang melengkung karena berat dari batu.

Selanjutnya dokter cai melihat dua ekor kambing yang sedang berkelahi dengan mata mereka yang memerah dan tidak ada seorang pun yang bisa memisahkan ke dua kambinh ini. Ia memutuskan ini akan menjadi tes ke dua untuk hua tuo.

Asal Usul Dewa hua Tou Sebagai Penemu Latihan 5 Jenis Hewan

Ia berkata hua tuo bisakah kamu memisahkan ke dua kambing ini?
Hua tuo segera menjawab,tentu saja dan ia mengambil rumput dan memenuhi ke dua tangan nya dan meletakkan nya di sebelah kambing tersebut di ke dua sisi dan kambing kambing itu telah lapar karena berkelahi dan maka mereka segera berlari untuk menikmati rumput tersebut.

Perkelahian itu berhenti bahkan tanpa perlu di usahakan. Sangat kagum dengan kepandaian hua tuo dari dokter cai dengan gembira menerima nya sebagai muridnya.
Hua tuo belajar sangat rajin sejak permulaan.

Dia menitik beratkan pada praktek klinis sesungguhnya dan akhirnya menjadi seorang dokter legendaris pada dinasti han timur. Bahkan setelah ia mendapat reputasi sebagai seorang dokter pengobatan dan ia tidak pernah membeda bedakan pasien nya.

Ia akan menyediakan jasanya ke mana pun ia pergi dan is memperlihatkan sebuah jiwa yang mulia dengan mengobati penyakit dan menyelamatkan nyawa dan ia belajar pengobatan seumur hidup nya.

Ia mengembangkan yang inovatif dan teknik pengobatan yang mengagumkan dalam berbagai bidang pengobatan,termasuk pengobatan luar atau dalam,ginekologi,akupuntur,parasi tolog dan terapi fisik sebagai pengobatan medis.
Ia juga sangat terampil dalam pembedahan.

Ia adalah dokter pertama yang melakukan operasi pembedahan perut dalam sejarah kedokteran china. Untuk mengurangi sakit akibat pembedahan pasien dan ia menemukan bubuk ma fei san yang di gunakan untuk pembiusan seluruh badan.

Seribu enam ratus tahun kemudian dan bangsa eropa mulai menggunakan obat bius untuk operasi pada permulaan abad ke 19. Gerakan lima hewan inovasi dalam bidang akupuntur juga di temukan oleh hua tuo.

Pernah suatu ketika seorang pasien mencari pengobatan medis dari nya karena ia mempunyai masalah dengan kaki nya dan tidak dapat berjalan dan setelah mengecek nadi nya,hua tuo menotok beberapa titik akupuntur di punggung nya dan memberi 7 tusukan akupuntur di tiap titik.

Pasien dengan cepat sudah dapat berjalan setelah pengobatan. Berdasarkan pengalaman nya sendiri dalam akupuntur dan ia menemukan titik akupuntur jia ji di sebuah titik akupuntur yang mengapit tulang belakang.

Orang orang di kemudian hari menyebut titik akupuntur tersebut sebagai titik hua tuo.
Hua tuo juga menemukan seperangkat latihan yang di namakan dengan gerakan 5 hewan yang mengambil gerakan dari 5 macam hewan yaitu:

  1. Macan
  2. Rusa
  3. Beruang
  4. Monyet
  5. Burung

Serta latihan ini menjadi sangat populer di zaman nya. Salah satu murid hua tuo yaitu wupu secara terus menerus berlatih gerakan 5 hewan menurut yang di ajarkan oleh gurunya.

Bahkan dalam umurnya yang 90 tahunan an dan wupu tetap sangat kuat dan sehat dengan pendengaran dan penglihatan yang tajam serta gigi yang baik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini