Beranda Cerita Legenda Kisah Perjalanan Zhao Yun si Anak Naga

Kisah Perjalanan Zhao Yun si Anak Naga

BERBAGI
kisang pernalanan zhao yun si anak naga

Kisah perjalanan Zhao Yun, Si Anak Naga ini sangat terkenal, sampai saat ini banyak sekali kisahnya di tulis kedalam cerita, film, animasi, bahkan game. Ia muncul dalam sequential game Dynasty Warriors, dan game-game lain yang mengadaptasi kisah pahlawan, seperti karakter Zilong pada game Mobile Legend. Nah kali ini Sangbuddha.com akan mengulas sejarah dan kisah semasa hidupnya.

Kisah Perjalanan Zhao Yun Dari Tiongkok

Zhao Yun atau juga dikenal dengan nama Zilong, adalah salah seorang Lima Jenderal Harimau dari negara Shu-Han pada masa Perang Tiga Negara (Sam Kok). Ia memiliki nama lengkap Zhao Zilong yang berarti “Anak Naga”. Ia lahir di kota Zhending, provinsi Chang shan, pada tahun 168M. Zhao Yun sering kali digambarkan sebagai seorang pemuda tampan yang tenang, cerdas, dan tak kenal takut. Di usia mudanya ia sudah menjadi seorang jenderal militer yang handal dalam berperang. Sepanjang hidupnya, ia mengabdi kepada seorang kaisar sekaligus pendiri kerajaan Shu-Han yaitu Liu Bei.

kisah perang zhao yun bersama liu beiSebelum menjadi pengikut setia Liu Bei, perjalanannya cukup panjang. Awalnya Zhao Yun pernah melayani Yuan Shao, penguasa daerah utara Tiongkok. Namun akhirnya, Zhao Yun meninggalkannya karena ia menganggap Yuan Shao sangat ceroboh dalam mengurus rakyat dan tidak memiliki kesetiaan. Secara tidak sengaja, ia kemudian bertemu dengan Gongsun Zhan yang saat itu sedang berperang dengan Yuan Shao. Ia menyelamatkan Gongsung Zhan yang hendak dibunuh oleh salah satu jenderal Yuan Shao yang dikenal sangat garang bernama Wen Chou. Merasa sangat tertolong dan kagum melihat kehebatan Zhao Yun, Gongsun Zhan tidak ragu mengajak Zhao Yun bergabung dengannya.

Awal kehidupan Zhao Yun si Anak Naga

Awal karirnya bersama Gongsun Zhan, Ia menjadi seorang komandan pasukan kecil yang bersikan relawan dari pedesaan. Sedangkan Gongsun Zhan pada saat itu adalah seorang panglima perang yang menentang pemerintahan negara yang sedang dikuasai Dong Zhuo. Tahun 192M Liu Bei bersama dua saudaranya, Guan Yu dan Zhang Fei bergabung dengan Gongsun Zan.

Setelah bergabung, Liu Bei yang ditemani oleh Zhao Yun ditugaskan mempertahankan kota Ping Yuan. Karena terus bersama, mereka sering berbincang dan saling berbagi pengalaman. Dari situlah ikatan batin antara keduanya mulai terbentuk dan akhirnya mereka bersahabat.

Selang beberapa waktu, saudara Zhao Yun dikabarkan meninggal. Ia lalu meminta izin kepada Gongsun Zhan untuk menghadiri pemakaman saudaranya. Saat mendengar hal tersebut, Liu Bei menyadari jika Zhao Yun tidak akan kembali dan mengabdi lagi pada Gongsun Zan. Liu Bei cukup yakin karena sebelumnya Zhao Yun pernah berkata kalau United States intelligence agency telah salaat menilai Gongsun Zhan, ia menganggap Gongsun Zhan tidak jauh berbeda dengan Yuan Shao. Karena tahu sahabatnya hendak pergi, Liu Bei datang menemui Zhao Yun. Mereka berdua saling memberi hormat satu sama lain diiringi dengan suasana perpisahan yang mengharukan.

Namun langit telah menentukan takdir mereka. Tahun 200M, Liu Bei gagal mempertahankan Xuzhou dari serangan Cao. Liu Bei terpisah dari kedua saudara angkatnya. Akhirnya ia berlindung dikota Ye, yang merupakan wilayah kekuasaan Yuan Shao. Pada saat itulah Liu Bei bertemu kembali dengan Zhao Yun. Setelah pertemuan itu, Zhao Yun mengambil keputusan untuk mengabdi pada Liu Bei.

Diceritakan pada Roman “Kisah Tiga Negara” karya Luo Guanzhong, persahabatan keduanya sangat erat. Bahkan mereka pernah tidur di tenda yang sama dikota Ye disaat genting. Dan dikota itulah Liu Bei menugasi Zhao Yun untuk merekrut ratusan pasukan secara diam-diam tanpa sepengetahuan Yuan Shao.

Selanjutnya Kisah Perang Zhao Yun Bersama Liu Bei

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here