Beranda Cerita Legenda Kesetiaan Zhao Yun Terlihat

Kesetiaan Zhao Yun Terlihat

BERBAGI
zhao yun

Kesetiaan Zhao Yun Terlihat – Pada waktu yang bersamaan Zhao Yun pergi mencari kedua istri dan anak Liu Bei yang masih bayi bernama Liu Shan. Ia kehilangan mereka karena terus bertempur dari malam hingga pagi hari.

Zhao Yun yang di tugaskan untuk melindungi istri dan anaknya, jadi tidak mungkin bagi Zhao Yun untuk kembali pada Liu Bei begitu saja. Ia memilih untuk berjuang mati-matian menorobos ribuan pasukan musuh untuk menyelamatkan mereka. Ia menemukan Lady Gan, istri pertama Liu Bei.

Namun ternyata Lady Mi dan Liu Shan tidak ada disana, Ia segera kembali ke Changban untuk mengamankan Lady Gan.

Zhang Fei yang berada di jembatan Changban sangat marah ketika melihat Zhao Yun datang kearahnya. Zhao Yun tanpa berkata banyak langsung menitipkan Lady Gan dan kembali mencari Lady Mi dan Liu Shan.

Akhirnya, dengan beberapa petunjuk dari rakyat sipil, Zhao Yun berhasil menemukan mereka. Saat Zhao Yun hendak menyelamatkan mereka, Lady Mi menolak untuk ikut. Ia menyadari jika ia ikut serta nantinya hanya akan membebani Zhao Yun, mengingat jalur pelarian nya sangat berbahaya dan mereka sedang berada diwilayah musuh.

Setelah menitipkan anaknya kepada Zhao Yun, Lady Mi melompat kedalam sumur untuk bunuh diri. Zhao Yun sangat kaget namun tidak bisa berbuat apa-apa.

Zhao Yun yang saat itu sedang emosi memacu kudanya ke arah Changban serta membawa Liu Shan yang diikatkan ke baju zirahnya. Ia berani mempertaruhkan nyawanya dengan menembus barikade dan mengalahkan banyak pasukan Cao seorang diri.

Disini ketangkasan seorang Zhao Yun, siapa yang menghalanginya akan dibunuh dengan tombaknya. Dia bahkan sempat merebut Pedang Pusaka Biru dari tangan Xiahou En, jenderal tinggi dari pasukan Cao. Kagum dengan kehebatan Zhao Yun, Cao memerintahkan untuk menangkapnya hidup-hidup.

Setelah itu Zhao Yun terus berusaha melarikan diri, dan akhirnya dia sampai di jembatan Changban dengan penuh luka dan berlumuran darah. Dibelakangnya masih banyak pasukan Cao yang mengejar, Zhang Fei yang berada disana langsung membantu Zhao Yun.

Pada saat sudah terlihat aman dan terkendali, Zhao Yun langsung menghampiri Liu Bei dan menyerahkan Liu Shan. Ia berlutut sambil menangis, Liu Bei sangat terharu dengan keberanian Zhao Yun. Liu Bei melihat Zhao Yun sangat setia sehingga dipromosikan sebagai salah satu jenderal utama pasukan Liu Bei.

zhao yunSetelah Pertempuran Chibi (Battle of Red Cliff), Zhao Yun berperan penting dalam menaklukkan wilayah Jiangnan serta wilayah selatan. Zhao Yun diangkat menjadi civic chairman jenderal dan ditunjuk sebagai Grand Administrator Guiyang menggantikan Zhao Fan.

Zhao Yun dibujuk untuk menikahi adik iparnya, Lady Fan. Diceritakan Lady Fan ini sangat cantik dan anggun, banyak orang yang juga mendukung pernikahan mereka. Namun Zhao Yun memiliki prasangka buruk pada niat Zhao Fan, Ia menolak pernikahan itu dengan jawaban “Kita memiliki nama keluarga yang sama, oleh karena itu saya menganggap kita saudara”.

Pada akhirnya ia tidak menikahi Lady Fan. Dan ternyata kekhawatirannya terbukti benar, Zhao Fan memang mempunyai niat buruk, setelah ketahuan ia kemudian melarikan diri dari Guiyang.

Ketika Liu Bei mulai memasuki provinsi Yi (Yizhou), Liu Bei menugasi Zhao Yun untuk mengawasi istri ketiganya Lady Sun. Woman Sun adalah adik dari Sun Quan, kaisar negara Dong-Wu. Liu Bei merasa khawatir karena Lady Sun bersama milisi bawahannya sering bertindak liar dan melanggar banyak peraturan.

Kesetiaan Zhao Yun Terlihat Saat Mendapatkan Tugas Dari Liu Bei

Liu Bei mempercayakan Zhao Yun untuk mengontrol dan menjaga ketertiban premise pertahanannya di Gong’an, sehingga ia menunjuk Zhao Yun sebagai perwira utama.

Segera setelah Liu Bei meninggalkan provinsi Jing, Sun Quan diam-diam memanggil adiknya kembali. Woman Sun berencana membawa Liu Shan bersamanya, untungnya Zhao Yun dan Zhang Fei berhasil menghentikannya di Sungai Yangtze dan menyelamatkan Liu Shan.

Tahun 214 M, Liu Bei memerintahkan Zhao Yun bersama dengan Zhuge Liang dan Zhang Fei ke Yizhou. Dari Jiangzhou, Zhao Yun memimpin pasukan terpisah dan menaklukkan Jiangyang, Jianwei, dan kemudian bergabung kembali dengan yang lainnya di Chengdu.

Liu Bei akhirnya mengklaim Yizhou sebagai wilayahnya. Pada waktu itu, beberapa orang menyarankan Liu Bei menghadiahkan pemukiman untuk para jenderal yang ikut berperang. Ini bertujuan untuk menghargai jasa meraka dan agar mereka bisa hidup damai di tanah yang mereka miliki secara pribadi.

Namun Zhao Yun menentang gagasan tersebut, karena kita tidak boleh merasa cepat puas dengan hasil tersebut, kita harus bisa menyatukan seluruh negara, jika ingin hidup damai. Dan kita bisa kembali ke kampung halaman masing-masing untuk mengolah tanah kita sendiri”. Ia juga memikirkan nasib para penduduk Yizhou, mereka telah banyak menderita karena perang.

Sehingga Zhao Yun menyarankan untuk mengembalikan tanah itu kepada rakyat Yizhou, agar mereka bisa lebih bersyukur. Hanya dengan cara itulah Liu Bei bisa merangkul rakyat Yizhou untuk mendukung ambisinya. Liu Bei lagi menerima nasihat dari Zhao Yun.

1 KOMENTAR

  1. […] Tahun 208M, Liu Biao meninggal, kemudian posisinya digantikan oleh anak bungsunya bernama Liu Cong. Namun Liu Cong menyerah tanpa perlawanan pada Cao, dan hal itu memaksa Liu Bei beserta seluruh pengikutnya mengungsi ke daerah Xiakou. Cao tidak melepaskannya begitu saja, Cao-cao mengirim prajurit untuk mengejar Liu Bei bersama prajuritnya, dan berhasil menyergap di daerah Changban. Penyergapan ini menewaskan banyak pengikut Liu Bei dan menyebabkan kekacauan rule luar biasa. Di tengah kekacauan itu Zhao Yun menghilang, lalu seorang perwira melapor kepada Liu Bei kalau Zhao Yun telah menyerah kepada Cao. Liu Bei sama sekali tidak percaya Akan hal itu, Dirinya sangat yakin jika Zhao Yun tidak Akan pernah berkhianat. Lain hal nya Liu Bei, adik angkatnya Zhang Fei langsung marah mendengar kabar tersebut. Ia segera membawa beberapa pasukan untuk mencari Zhao Yun. Selanjutnya Kesetiaan Zhao yun Terlihat […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here