Beranda News Hari Shejit SI HAI LONG WANG (RAJA NAGA 4 LAUTAN)

Hari Shejit SI HAI LONG WANG (RAJA NAGA 4 LAUTAN)

BERBAGI

Hari Shejit SI HAI LONG WANG (RAJA NAGA 4 LAUTAN) – SI HAI LONG WANG 四海龙王 Bln 6 tgl 13 Imlek.

Hai Shen 海神 terhitung Si Hai Long Wang 四海龙王(Su Hai Liong Ong — Hok-kian) atau Raja Naga berasal dari empat lautan. Raja Naga berasal dari empat lautan itu hari She-jietnya adalah tanggal 13 bulan 6 Imlik. Pada tahun pemerintahan nya yang kedua, kaisar Yong Zhen 雍正dari dinasti Qing 清朝 menganugerahkan gelar kehormatan kepada:

Empat Raja Naga itu :
1) Dong Hai Long Wang 东海龙王(Raja Naga
Laut Timur) diberi gelar Xian Ren Wang 先
仁王(Raja yang telah memajukan kebajikan).

2) Nan Hai Long Wang 南海龙王sebagai Zhao
Ming Wang 照明王(Raja yang memberi
penerangan ).

3) Xi Hai Long Wang 西海龙王sebagai Zheng
Heng Wang (Raja kebaikan sempurna).

4) Bei Hai Long Wang 北海龙王sebagai Zhong
Li Wang 崇礼王(Raja kesusilaan yang
agung).

Hari Shejit SI HAI LONG WANG Sebagai Penguasa Lautan

Si Hai Long Wang atau Raja Naga adalah dewa dalam mitologi Tiongkok yang dipuja sebagai penguasa lautan. Mereka bisa berubah bentuk jadi manusia dan tinggal dalam istana kristal di dasar laut. Mereka punyai birokrasi istana tersendiri serta memimpin pasukan yang terdiri atas berbagai makluk laut. Selain terjalin bersama kehidupan laut, Long Wang terhitung bisa memanipulasi cuaca dan turunkan hujan

Masyarakat tionghoa kuno kebanyakan mengenal long gara-gara berkenaan erat bersama kehidupan mereka yang kebanyakan adalah petani, gara-gara itu mereka benar-benar menyimpan hormat dan punyai perasaan tertentu terhadap mitologi ini, long adalah lambang kebaikan, kebahagiaan, kebijaksanaan, kejayaan, agar para keturunan tionghoa menyebut dirinya long de chuan ren (keturunan naga).

Hari shejit si hai long wangRaja Naga dipercaya sebagai pengatur air, di mana diawali berasal dari air tanah, air sungai, air laut dan air hujan adalah kuasa berasal dari raja naga, di mana ada air disitulah pasti ada naga, tak hanya itu long dikenal sebagai lambang berasal dari raja atau kaisar, agar segala suatu hal terjalin bersama kaisar disimbolkan dan dibubuhi kata naga, Liu Bang adalah kaisar pertama yang tunjukkan bahwa dia adalah keturunan naga.

Masuknya agama Buddha terhadap dinasty han lebih memperkuat posisi naga, baik secara mitos maupun binatang suci yang punyai kemampuan supranatural, dipercaya banyak sekali raja naga yang menguasai dunia ini, mereka membentuk hierarki sendiri, di tiongkok benar-benar tenar raja naga Ao Shun (beihai long wang), Ao Guang (donghai long wang东海龙王), Ao Jun (nanhai long wang), Ao Chin (xihai long wang), untuk kuil yang memuja raja naga disebut long wang miao, biasa rakyat sembahyang menghendaki hujan dan ketentraman lingkungan.

Banyak cerita mengenai raja naga, namun yang sering ditampilkan adalah cerita fan shen bang di mana terjadi pertempuran di laut timur kekuasaan Ao Guang bertempur bersama nezha, dan ada pula pengambilan tongkat (pilar laut) oleh sun wu kong agar cuaca jelek dan air bah terjadi terhadap pas itu.

Banyak relief, patung, dan lukisan mengenai Naga, dan banyak sekali kelenteng di indonesia yang memuja raja naga tersebut, biasa altar raja naga hiasi di pilar sebagai Men shen, atau di bawah bersama bersama Hou shen.

Terima kasih telah membaca artikel sangbuddha.com yang ditulis oleh jasa seo terbaik untuk semua umat Buddha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here