Beranda Cerita Legenda Film Dewi Kwan Im Po Sat Subtitle Indonesia Bagian 8

Film Dewi Kwan Im Po Sat Subtitle Indonesia Bagian 8

BERBAGI
film dewi kwa im po sat subtitle indonesia bagian 8

Film Dewi Kwan Im Po Sat atau Dewi Guan Yin adalah Dewi Welas Asih dan penyayang yang kondang dipuja penduduk Tiongkok dan perantauannya di dunia. Sebutan ‘Kwan Im’ sendiri berasal dari bahasa Hokkian yang umum dipergunakan mayoritas suku Tionghoa di Indonesia.

Secara harafiah, Guan 觀 bermakna “melihat”, dan Yin 音 bermakna “suara/mendengar”. Jadi, asal memandang atau mendengar ada yang minta tolong (khususnya perempuan), Dewi ini yang selalu datang/turun menolong.

Menurut ajaran Buddhisme

Kwan She Im Phosat (Hanzi : 觀世音菩薩, Pinyin : Guan Shì Yin Pu Sa) yang merupakan terjemahan langsung dari nama aslinya di dalam bahasa Sanskerta, Avalokitesvara Bodhisattva.

Menurut ajaran Taoisme/Daoisme

Guan Yin Dashi (觀音大士), Cihang Dashi (慈航大士), atau Cihang Zhenren (慈航真人), Cihang Daoren (慈航道人).

Film Legenda Dewi Kwan Im Po Sat Subtitle Indonesia Bagian 8 / Avalokistevara Bodhisattva

NOTE : FILM INI TIDAK DI TAYANGAN SECARA PUBLIK DI CHANNEL YOUTUBE KAMI

Dewi Kwan Im sendiri ada di dalam wujud perwujudan perempuan muda, yang awalannya menspesialisasikan untuk menopang kaum perempuan. Karena terhadap masa dulu, kehidupan kaum perempuan serba terbatas, dan lebih mementingkan laki-laki

Jadi terhadap masa pernah dikisahkan, mereka (kaum wanita ini) kadang ada rintangan atau rintangan yang perlu dihadapi sendiri, bila ketika dapat melahirkan, atau dikejar hewan buas di hutan, atau tenggelam di sungai. Nah, ketika mengalami kondisi2 yang demikian, permintaan kadang hanya bisa dimohonkan/disampaikan keatas.

Karena tekanan budaya paternalistik inilah, agar kaum perempuan dianggap butuh satu figur Dewi, yang dianggap bisa mengayomi dan merawat mereka. Selain itu banyak yang melukis Dewi Kwan Im sebagai seorang perempuan, yang berumur sekitar 30-an, dan tidak ada titik merahnya di dahinya.

Perwujudan Kwan Im sebagai sosok wanita lebih menyadari terhadap masa Dinasti Yuan (1206-1368). Pada Dinasti Ming (1368-1644), atau sekitar abad ke-15, Dewi Kwan Im dikenal sebagai seorang wanita.

Guan Yin versi Buddhisme disebutkan bernama Avalokitesvara Bodhisattva (yang dikatakan dari India); kala tokoh Guanyin Niangniang versi Taoisme adalah figur yang disesuaikan dengan suasana penduduk Tiongkok saat itu.

Masyarakat Tiongkok terhadap masa pernah memeluk kepercayaan rakyat (Chinese folk religion), menyebut perempuan dengan sebutan Niangniang (娘娘).

Perbedaan lainnya adalah, Avalokitesvara Bodhisattva punya daerah suci di gunung Potalaka, Tibet, tetapi Kwan Im Niangniang punya daerah suci di Pulau Putuo Shan, Kepulauan Zhou Shan, Propinsi Zhejiang Tiongkok.

Pada kesempatan yang berbahagia ini kami berikan Film Dewi Kwan Im Po Sat bagian 3 untuk Anda menyaksikannya bersama keluarga.

Lihat Juga: Film Ajaran Agama Buddha Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here