Beranda News Dewa Pelindung Shio Anjing Dan Shio Babi

Dewa Pelindung Shio Anjing Dan Shio Babi

BERBAGI
dewa pelndung shio anjing dan babi

Dewa Pelindung Shio Anjing Dan Shio Babi : AMITHOPO / BODHISATTVA AMITABHA

dewa pelndung shio anjing dan babi

阿彌陀佛A Mi Tuo Fo {Hok Kian = O Mi To Hud} di dalam Ajaran Agama Buddha, jika ada umat Buddha yang tidak pernah mendengar namanya, itu sungguh-sungguh …… “ Omitohud !” Seluruh umat Buddha mampu menyebut A Mi Tuo Fo (Buddha Amitabha) dengan fasih dan lancar. Namun, orang-orang yang memahami arti dan maknanya tidak banyak.

Dewa Pelindung Shio Anjing Dan Shio Babi Dalam Bahasa Sansekerta

Bahasa Sansekerta dari A Mi Tuo Fo adalah Buddha Amitabha, artinya : Terang Yang Tiada Tara, Usia Yang Tidak Terbatas. Buddha A Mi Tuo Fo adalah Buddha yang merintis Dunia Sukhawati Barat.

Buddha Amitabha umurnya tidak ada batas, sehingga sering dipanggil sebagai 無量光佛 Wu Liang Guang Fo ( Buddha Dengan Terang Tiada Tara ), 無數壽佛 Wu Shu Shou Fo ( Buddha Yang Usianya Tanpa Batas ). Hari lahir ( Se Jit ) A Mi Tuo Fo diperingati setiap tanggal 17 bulan 11 Imlek.

Buddha Amitabha biasanya bersama dengan 釋迦牟尼佛 Shi Jia Mou Ni Fo { Hok Kian = Sek Ka Mo Ni Hud } Buddha Sakyamuni, dan 藥師佛 Yao Shi Fo { Yok Su Hud } Buddha Bhaisajya Guru. Ketiga Buddha itu biasa disebut 三尊大佛 San Zun Da Fo {Sam Cun Tai Hud } atau lebih dikenal dengan 三寶佛 San Bao Fo { Sam Po Hud } atau Tri Ratna Buddha.

Dalam Buddhisme Sam Po Hud yang disebut Tri Ratna adalah 佛Buddha, 法 Dharma & 僧 Sangha. Ketiganya mempunyai arti tersendiri, yaitu :

  1. Buddha adalah orang yang telah mencapai Penerangan Sempurna, dan dalam bahasa mandarin, Buddha disebut 佛寳 Fo Bao.
  2. Dharma adalah ajaran-ajaran suci Sang Buddha biasa disebut 法寶 Fa Bao.
  3. Sangha adalah persaudaraan suci para Bhikkhu/Bhikkhuni biasa disebut 僧寳 Seng Bao.

Ketiga Buddha secara bersama disebut 三寶 San Bao ( Sansekerta = Tri Ratna ). San Bao ini dalam Khasanah Dewata Buddhisme Tionghoa diartikan dengan 3 (tiga) tokoh, yaitu : Shi Jia Mou Ni Fo sebagai Fo Bao, A Mi Tuo Fo sebagai Fa Bao, & Yao Shi Fo sebagai Seng Bao.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here